5 Spare Part yang Harus diganti Secara Rutin Selain Lampu Mobil

Kendaraan roda empat atau mobil memang termasuk sebagai kendaraan keluarga yang sangat diminati karena memang ia dapat menampung banyak orang di dalamnya, hanya saja juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya harganya juga terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan motor. Di pasaran banyak sekali merk-merk yang mengeluarkan produk kendaraan satu ini dan pastinya juga bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan jika ingin membeli. namun ingat harus siap dengan perawatannya dan juga konsumsi bahan bakarnya, apalagi memang mobil ini terdiri dari berbagai macam komponen, bahkan lampu mobil yang ada sendiri jumlahnya begitu banyak dengan fungsi yang berbeda-beda.

Mobil ini sama halnya dengan tubuh manusia yang butuh perawatan dengan tepat, karena jika tidak nantinya ia akan rusak, jika sudah demikian sudah pasti tidak akan bisa digunakan bukan. Apalagi jika dilihat jenis sparepart yang ada di dalamnya juga terbilang begitu beragam. Masing-masing sparepart tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun bekerja secara satu kesatuan, jika seandainya salah satu mengalami kerusakan, sudah pasti akan menganggu kinerja yang lainnya.

Dari sekian banyak jenis sparepart yang ada pada kendaraan roda empat tersebut, berikut ini diantaranya yang harus rutin atau sering-sering diganti secara berkala, yaitu :

1. Busi

Pastinya sudah tidak begitu asing dengan komponen yang satu ini, ia dikenal juga sebagai onderdil yang digunakan untuk sistem pengapian sehingga memicu terjadinya aliran listrik dan nantinya kendaraan bisa menyala. Biasanya busi akan aus atau tidak bisa menghasilkan api lagi ketika sudah digunakan berkendara dengan jarak 20 ribu sampai dengan 50 ribu kilometer, untuk itu harus diganti dengan yang baru agar fungsinya bisa kembali seperti sedia kala.

2. Aki

selain itu juga ada aki yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk energi kelistrikan dalam kendaraan selain bensin. Aki ini sendiri biasanya ditujukan untuk sumber listrik di bagian klakson, kemudian juga pada sistem pencahayaan dan sejenisnya. Setelah dipakai antara 2 sampai dengan 3 tahun sistem tersebut akan mengalami masalah, gejala jika seandainya aki harus segera diganti dengan yang baru.

3. Kanvas Rem

Bagian yang cukup vital karena berhubungan dengan keamanan dari kendaraan tersebut ketika ditunggangi, untuk itu sangat penting bagi Anda di dalam menggantinya secara rutin, karena jika tidak rem mobil tidak akan berfungsi dengan baik. Kanvas rem ini termasuk dalam komponen yang sangat mudah aus, sehingga harus rutin untuk dicek.

4. Kanvas Kopling

Selain kanvas rem, maka kanvas pada bagian kopling mobil juga tidak kalah cepat aus, ini hanya digunakan pada mobil manual saja yang memang masih menggunakan kopling. Lakukan pengecekan, jika sudah mulai terlihat gejala seperti robek atau mungkin menipis hendaknya diganti dengan yang baru.

5. Filter

Agaknya filter ini sendiri juga memiliki masa pakai yang sangatlah singkat pada kendaraan, karena diberi tugas untuk menyaring mulai dari oli, bahan bakar sampai dengan udara dari kotoran. Tentunya memiliki hubungan dengan performa kendaraan tersebut nantinya, jadi harus rutin untuk diganti.

Selain itu lampu mobil sendiri juga termasuk komponen yang harus dilakukan pergantian rutin ketika sudah terlihat gejala mati, atau tidak bisa menghasilkan cahaya yang optimal ketika dinyalakan. Jangan khawatir karena untuk penggantian beberapa komponen di atas bisa dilakukan secara mudah, apalagi onderdilnya juga dijual bebas di pasaran. Untuk kebutuhan spare part dan aksesoris pada mobil anda, percayakan semuanya di Rumah Modifikasi.
5 Spare Part yang Harus diganti Secara Rutin Selain Lampu Mobil 5 Spare Part yang Harus diganti Secara Rutin Selain Lampu Mobil Reviewed by Laily Kandangan on 09.34 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.