Perawatan Speaker Aktif

Memiliki speaker aktif terbaik di rumah memang sangat menyenangkan, anda dapat menggunakan speaker untuk kebutuhan hiburan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti karaoke, menonton film, atau hanya sekadar mendengarkan lagu dari musisi-musisi kesayangan anda. Namun, anda juga harus memperhatikan perawatannya agar speaker-speaker anda awet dan tahan lama dengan kualitas suara yang tetap enak didengar. Mari simak tips merawat speaker aktif di bawah ini.

Membersihkan Secara Berkala
Pembersihan secara berkala bertujuan untuk mengusir debu-debu yang bisa saja membuat komponen di dalam speaker menjadi tidak berfungsi secara maksimal. Debu yang menempel pada speaker juga dapat menyumbat suara yang keluar dan dapat menurunkan kualias suaranya. Selain itu, ketika membersihkan secara seksama, kita dapat sambil memeriksa apakah ada komponen-komponen yang rusak dan harus segera diganti. Dengan begitu, kualitas speaker aktif akan selalu terjaga dengan performa yang prima hingga waktu yang lama.

Penempatan
Penggunaan speaker aktif tentu memiliki peraturan dalam menempatkannya, sebab penempatan sangat mempengaruhi kualitas suara. Apabila kita tidak memperhatikan peletakannya, speaker dapat cepat rusak karena suara yang dihasilkan tidak maksimal sehingga kita memaksakan speaker bekerja lebih keras dari seharusnya. Untuk itu, tempatkanlah speaker anda hingga anda menemukan sweet spot atau titik dengar terbaik dan pastikan speaker anda ditempatkan di tempat yang aman, terhindar dari paparan cahaya langsung dan tidak terjangkau percikan atau aliran air.

Ditutup
Ketika tidak digunakan, sebaiknya speaker ditutup untuk menghindarkan paparan debu, cahaya, dan tetesan air agar terlindungi dan terjaga kualitasnya.

Penyimpanan
Saat anda ingin menyimpan sepaker tersebut di ruangan lain, pastikan speaker tidak terkena air dan cahaya matahari langsung. Jangan tumpuk speaker dengan benda-benda berat sebab dapat merusak body speaker dan dapat mempengaruhi kualitas suaranya.  Usahakan untuk tidak membanting atau memberi hentakan keras pada saat pemindahan untuk menghindari kerusakan yang dapat terjadi di dalam yang disebabkan oleh hentakan tersebut.

Pastikan anda memilih speaker aktif dengan kualitas bahan baku dan komponen yang berkualitas. Apabila anda ingin memiliki speaker yang tahan lama, kualitas adalah nomor satu. Bahan baku kotak speaker yang terjamin awet adalah yang berbahan kayu. Kayu merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat disandingkan dengan kebutuhan audio sebab sifatnya yang menyerap bunyi dan tidak memantulkan sehingga suara yang keluar dari dalam kotak kayu akan terdengar lembut. Tentu akan lebih lembut dan enak didengar apabila didukung dengan komponen-komponen lain yang berkualitas pula. Pastikan anda membeli speaker aktif dengan kualitas terbaik dan harga yang pas. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan anda, jangan lupa merawatnya dengan cara-cara yang sudah tertulis di atas sehingga speaker anda tetap bersuara prima meski jangka waktu kepemilikan sudah lama.
Baca juga : tips mendapatkan speaker aktif terbaik

Perawatan Speaker Aktif Perawatan Speaker Aktif Reviewed by Laily Kandangan on 06.55 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.