Alami Keputihan Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Keputihan merupakan hal yang biasa terjadi pada wanita terlebih jika mengalami stres. Anda yang sedang hamil juga akan mengalami keputihan. Jika Anda merasa terganggu bisa mengatasinya dengan cara mudah berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan
Keputihan yang dialami saat hamil dapat terjadi karena bagian vagina yang tidak bersih. Anda bisa mengatasinya dengan menjaga kebersihan sehingga membuat daerah intim menjadi higienis. Anda dapat menjaga kebersihan dengan membersihkannya menggunakan sabun dengan PH yang sesuai.
Jika Anda menggunakan sabun dengan PH yang tidak sesuai akan membuat keseimbangan kadar asam pada daerah kewanitaan menjadi terganggu. Kemudian akan membuat Anda mengalami risiko terkena infeksi. Gunakan air yang bersih saat membersihkan daerah kewanitaan Anda.
Cara membersihkannya yang benar dengan menyiram air dari daerah depan menuju belakang. Cara ini akan mengurangi risiko daerah kewanitaan Anda dari terkenanya kontaminasi mikroorganisme pada bagian saluran kemih.

2. Menjaga Kelembapan
Keputihan dapat terjadi pada Anda saat hamil ketika daerah kewanitaan mengalami kelembapan. Anda dapat mengatasi kelembapan ini dengan menggunakan celana dalam berbahan katun yang menyerap keringat. Gunakan juga pakaian dalam dengan bahan yang tidak ketat karena akan membuat area kewanitaan bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Anda bisa mendapatkan celana dalam khusus hamil yang lebih aman dan nyaman digunakan dengan membelinya di JGOS. Anda bisa mendapatkannya dengan potongan harga dan kualitas terjamin. Selain celana dalam yang aman digunakan selama kehamilan, Anda juga bisa membeli pakaian dalam yang nyaman.

Kelembapan juga dapat terjadi karena penggunaan panty liner sehingga Anda harus membatasi penggunaannya. Kelembapan pada area kewanitaan tidak hanya menyebabkan keputihan tetapi juga dapat membuat jamur berkembang-biak. Hindari juga kelembapan dengan mengelap bagian kewanitaan hingga kering sehabis mandi atau pun setelah buang air dengan menggunakan tisu.

3. Menjaga Makanan
Keputihan juga dapat terjadi karena makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan keputihan meningkat dengan kandungan gula dan juga kafein yang ada pada makanan. Anda harus mengurangi minum minuman yang manis seperti teh dan kopi yang juga mengandung kafein. Kurangi juga makanan yang mengandung lendir seperti timun.

Hindari keputihan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi untuk membuat nutrisi Anda terpenuhi terlebih dalam kondisi kehamilan. Minum air putih dengan cukup setiap hari minimal 8 gelas agar dapat mengurangi terjadinya keputihan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Jika keputihan Anda terus berlanjut setelah menerapkan cara yang mudah ini maka lakukan pemeriksaan ke dokter. Anda bisa saja mengalami suatu kondisi yang berisiko pada bayi di dalam kandungan. Anda juga akan dapat mengatasi permasalahan keputihan lebih cepat setelah konsultasi. Lakukan olahraga dengan rutin juga dapat membuat keputihan Anda berkurang.
Alami Keputihan Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya Alami Keputihan Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya Reviewed by Laily Inayati on 23.56 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.