Daftar Obat Masuk Angin Herbal

Masuk angin merupakan penyakit yang pernah dirasakan hampir pada setiap orang, termasuk anda dan keluarga. Masuk angin ini bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti cuaca ekstrim, kekebalan tubuh yang menurun, atau  virus. Yang pasti, masuk angin harus segera diobati karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Daripada buru-buru mengonsumsi obat produksi pabrik dari bahan kimia, obat masuk angin dari bahan herbal di bawah ini juga bisa anda andalkan.

1. Vitamin C
Ketika masuk angin berarti kekebalan tubuh anda tengah melemah, jika biasanya vitamin C diperlukan tubuh sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas sehingga tak mudah terserang penyakit, saat sudah terkena masuk angin vitamin C berguna meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin tersebut dari buah-buahan jambu biji merah, lemon, dan sebagainya. Sebagai contoh, minuman herbal dari lemon dan madu ini bisa dicoba. Peraslah buah lemon dan  campurkan dengan air hangat kemudian tambahkan madu. Selain menambah rasa, madu dipercaya bernilai gizi tinggi yang juga melancarkan kerja sel-sel tubuh.

2. Daun Pepaya
Daun dari pohon buah pepaya ini memang tidak banyak yang menyukai karena rasanya yang pahit, namun sebenarnya sangat manjur dimanfaatkan sebagai obat masuk angin karena antibiotik alami di dalamnya tinggi. Yang perlu anda lakukan hanyalah merebus 5 lembar daun pepaya yang telah dicuci bersih dalam 1 liter air. Tunggu hingga airnya tersisa setengah lalu angkat. Setelah dingin minum air rebusan ini dengan ditambahkan madu murni secukupnya. Bila anda benar-benar tidak kuat dengan rasa pahitnya, anda bisa mengolahnya menjadi tumis atau masakan lain meski manfaat yang didapat tak semanjur air rebusannya.

3. Jahe
Rimpang ini memang telah lama dikenal manjur mengatasi masuk angin, bahkan sekarang produk ramuan herbal yang dijual di pasaran rata-rata berbahan dasar jahe. Sebagai obat masuk angin, jahe mampu menghangatkan tubuh anda yang akan terasa panas dingin dan tidak nyaman ketika masuk angin dengan seketika setelah anda meminumnya. Cara membuatnya, bersihkan rimpang jahe, tumbuk kasar, rebus lalu  airnya diminum saat hangat. Campuran jeruk nipis dan gula batu secukupnya akan membuat minuman ini semakin nikmat dan menyegarkan.

4. Ubi Merah
Umbi yang lezat disantap ini ternyata memiliki manfaat lain yang belum banyak dipraktekkan oleh orang, yakni untuk obat masuk angin. Perhatikanlah ketika anda mengonsumsi ubi pasti setelahnya akan lebih sering buang angin, dengan cara yang sama inilah ubi merah akan mengeluarkan angin yang bersarang di perut dan sulit keluar yang kemudian menimbulkan rasa kembung ketika masuk angin.  Ramuan herbal alami yang bisa dibuat yakni mencampurkan ubi merah dengan kapulaga, kayu manis, jahe merah, serta gula merah secukupnya. Rebus semua bahan tadi hingga mendidih, angkat dan minum selagi hangat.  Dijamin masuk angin yang anda derita akan segera sembuh.

5. Bawang Putih
Memang banyak sekali faedah yang bisa anda dapatkan dari bawang putih ini untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bawang putih memiliki zat allicin yang tinggi, zat inilah yang mampu berperan sebagai antibiotik yang akan menghambat pertumbuhan bakteri dan virus di dalam tubuh anda. Cara memanfaatkannya sebagai obat masuk angin, banyak cara yang bisa dilakukan misalnya mengolahnya menjadi sup bawang, mencampurkannya ke dalam makanan, dan sebagainya. Namun yang paling disarankan adalah mengonsumsi bawang dalam keadaan mentah dan dicampur sedikit garam karena cara ini paling manjur.
Daftar Obat Masuk Angin Herbal Daftar Obat Masuk Angin Herbal Reviewed by Laily Inayati on 6:20 AM Rating: 5
Powered by Blogger.